Kue Dundee




Kue buah tradisional Skotlandia yang terkenal dengan ceri, sultana dan almond, dan glasir yang manis

Bahan
  • 100g kacang almond pucat180g mentega tawar, pada suhu kamar180g gula muscovado ringanZest 1 jeruk besar
  • 3 tbsp selai aprikot atau selai jeruk225g tepung terigu1 sdt baking powder
  • 3 telur besar, dipukuli100g almond bubuk2 sendok makan susu
  • 500 g campuran buah kering100g glacé cherry utuh
Lapisan
  • 1 sendok makan susu
  • 2 sdt gula kastor


Metode

  1. Masukkan almond ke dalam mangkuk kecil dan tuangkan air mendidih untuk menutupi. Biarkan selama 5 menit lalu tiriskan dalam saringan dan biarkan hingga kering.
  2. Panaskan oven hingga 180C / 160 C fan / Gas Mark 4. Buatlah kue timah 20cm dalam bentuk longgar dengan baking parchment.
  3. Taruh mentega dalam mangkuk besar dan kocok sampai lunak. Tambahkan gula dan kocok hingga ringan dan mengembang. Masukkan selai jeruk dan selai aprikot.
  4. Saring bersama tepung dan baking powder. Tambahkan telur ke mentega krim dan gula, sedikit demi sedikit, kocok dengan baik di antara setiap tambahan. Jika campuran mulai mengental, aduk sedikit tepung.
  5. Tambahkan sisa tepung dan almond tanah dan aduk rata. Campur susu kemudian tambahkan buah kering dan ceri dan aduk bersama dengan lembut.
  6. Masukkan campuran ke dalam timah yang sudah disiapkan dan tingkat penyebaran menggunakan bagian belakang sendok. Atur seluruh almond bersama-sama dalam lingkaran yang rapi di bagian atas kue. Panggang dalam oven selama 45 menit.
  7. Turunkan suhu oven ke kipas 160C / 140 C / Gas Mark 3 dan masak selama 60–80 menit lagi. Periksa kue setelah 50 menit dengan memasukkan tusukan kayu atau logam ke dalam kue. Ketika selesai, seharusnya hanya ada beberapa remah yang menempel. Periksa setiap 10 menit - penting untuk tidak terlalu lama memanggang kue ini sehingga bagian tengahnya akan sedikit lunak.
  8. Saat dimasak, keluarkan kue sebentar dari oven, masukkan susu dan gula ke dalam wajan kecil dan panaskan dengan lembut sampai gula larut. Sikat bagian atas kue dan kembalikan kue ke oven selama 2-3 menit. Angkat dan biarkan kue mendingin di dalam kaleng. Ketika cukup dingin ambil dari kaleng dan bungkus dalam foil dan simpan setidaknya 2 hari sebelum pemotongan


0 Response to "Kue Dundee"

Post a Comment